Label

Selasa, 06 Mei 2014

sekolah impian

SEKOLAH IMPIAKU



Seperti apa sekolah impianmu, seperti apa pengajaran dalam sekolah impianmu?
Galak , jahat, ramah, santai, serius atau yang menyenangkan dan menghibur tapi mendidik. Itu tadi sekilas gambaran tentang kelas impian. Sekolahpun juga harus terdapat fasilitas-fasilitas yang menunjang terwujudnya sekolah impian. Apa saja yang menjadi persoalan dalam sekolah impian???


SEPERTI APA GEDUNG SEKOLAHKU YA......................................????

Gedung sekolah itu adalah hal yang pertama terpikirkan jika kita membahas tentang sekolah. Apakah besar, kecil, megah, mewah, serba ada fasilitasnya atau hanya sebuah banggunan kelas yang sangat sederhana dan tidak menarik. Alangkah senangnya jika sekola yang kita tempati sepeti impian kita. Sekolah seperti apa impian kita? yang pasti pertama aalah gedung dan banggunan sekolah yang luas dan serba ada, fasilitas menunjang, dan trdapat taman serta lingkungan yang bersih.

Fasilitas menunjang: Alangkah senagnya mempunyairuang kelas yang cukup, lengkap dan setandart. Bangku dan kursi kelas yang yaman. Kursi dan meja yang nyaman untuk di gunakan, bukan kursi yang bergoyang saat di duduki, bukankah ini sangat mengganggu pelajaran. Di tambah fasilitas yang mendukung di dalam kelas. Seperti ada penerangan yang bisa di gunakan saat cuaca mendung atau gelap, sehingga guru dan siswa dapat lebih menyenangkan dalam pengajaran. Didukung dengan adanya TV, VCD, PROYEKTOR, LAPTOP, bahkan AC yang sangat mendukung dalam proses belajar, mempermudah guru dalam penyampaian materi dan siswapun akan lebih menikmati. Impian punya ruang kelas seperti ini, bukan hal yang aneh bahkan sudah sewajarnya.
Itu tadi baru sekilas tentang gedung sekolah yang sekaligus sebagai pendukung berjalannya proses pembelajaran di sekolah. Banyak sekali yang harus di lengkapi dalam kehidupan di sekolah, di antaranya:

~ LABORATURIUM, 
atau yang sering di sebut LAB. Laboraturium ini ada banyak jenisnya. Ada LAB IPA, LAB BAHASA. Yang di dalamnyapun harus di lengkapi dengan alat-alat atau fasilitas yang lengkap untuk proses pembelajaran. LAB komputr dan ruang internet, ini adalah yang terpenting karena di dalam sebuah sekolah sudah sewajibnya di ikuti dengan teknologi komputer yang sangat di butuhkan bagi siswa dan sekaligus wajib bagi seorang pelajar bisa menggunakan fasilitas ini. Walaupun banyak beberapa kalangan yang mengkhawatirkan dengan adanya kehadiran komputer. Kebanyakan yang menjadi permasalahan adalah jumlah komputer yang kurang memadahi. Sehingga banyak siswa yang menggeluh karna kerap kali mereka hanya bisa melihat tanpa harus menggunakan karna minimnya jumlah komputer. Sehingga munjul lah persoalan di mana tiap ada pelajaran mereka harus bergilir untuk saling menggunakan komputer. Inilah yang menjadi kelemmahan beberapa sekolah.


~MUSOLA; 

Merupakan tempat beribadah, meskipun tidak setiap waktu mereka menjalankan ibadah di sekolah. Namun sangat berguna untuk mendidik para siswa dalam hal moral dan peningkatan iman dalam beribadah, yang kerap kali para guru juga bisa menggunakan pengajaran di musola kepada siswa dalam hal praktek. Penerapan beribadah ataupun untuk pengajaran agar siswa tidak jenuh menjalani pembelajaran di kelas. Tapi inipun tidak akan berfungsi tidak baik jika tidak di lengkapi dengan beberapa fasilitas yang mendukung seperti denagan adanya, buku-buku keagamaan termasuk kitab suci, peralatan sholat dan bangunan yang nyaman dan membuat siswa betah, tenang, serta senang dan tidak membuat mereka jenuh. 
~ RUANG KESENIAN ATAU SANGGAR: Sebagai bentuk tempat siswa untuk mengapresiasikan bahkan mereka dalam bidang seni, selain materi pelajaran yang harus di kuasai bakat dalam diripun juga harus di kembangkan dan di dukung dengan memberikan peluang kesempatan dan memberi fasilitas yang ada. Baik alat musik, lukis, tari atau apapun yang mendukung bakat siswa dalam dunia seni. Ruangan ini juga bukan hanya sebuah ruangan saja, sedikit memakan tempat karna memang ruangan yang besar sangat di butuhkan.
~ TEMPAT OLAH RAGA: 
dari Tempat olah raga ini beraneka macam kebutuhan. Mulai lapangan sepak bola. tmpat basket dan sekaligus bisa di gunakan sebagai tempat bulu tangkis dan olah raga lain yang di nikmati dalam diri siswa. Sehingga bukan hanya kita akan memunculkan para genersi muda yang ahli dalam pengajaran tapi juga pengembangan diri yang dapat memunculkan bakat siswa sebagai bentuk awal untuk menggapai cita-cita. Taman sekolah juga ide yang bagus yang dapat mendukung dalam proses belajar yang berfungsi sebagai obat kejenuhan siswa selama mengikuti pelajaran. Sebuah taman akan lebih menarik jika para siswa di ikutkan dalam menjaga dan kebersihan taman. seperti menghiasi taman dengan nama ilmiyah, dan beberapa patah kata sebagai penyemangat dan menberi hiasan gambar yang menarik.

Alang kah senagnya jika selolah yang kita tempati mempunyai fasilitas yang lengkap dan megah. Selain enak di pandang dan mendukung proses belajar sekaligus kita senang dan bangga. 

Sekarang apalagi ya......................................................??? Yang di butuhkan sekolahku!!! Seperti apalagi impian sekolah kita selain bangunan yang memadahi. yang pasti cara pengajaran yang di impikan oleh beberapa siswa. Karna sebaian besar banyak siswa yang mengeluh karena tidak suka dengan pengajaran sebagaian guru, tapi ada juga beberapa guru yang di sukai karena penyampaiannya yang menyenangkan. Dan masalah penyampaian pelajaran dan cara mendidik kepada para siswa yang banyak di keluhkan oleh para pelajar. Sebagaian besar mereka merasa jenuh, tidak paham, tidak suka dan benci dengan pengajaran yang membosankan dan tidak menyenangkan.

GURU IDAMAN KU

Cara mengajajar idaman siswa 

lebih menyenangkan...............lebih mengasikan dan pasti akan smangat engikuti pelajaran andai cara pengajaran para guru-guru di sekolah menyenangkan, tidak kaku,tidak terus menerus menegangkan, bahkan jangan terlalu panjang lebar karena tambah akan membuat munculnya rasa boan, jenuh bahkan ngantuk pada diri siswa. Itulah yang sring di keluhkan oleh sebagian siswa pelajar. Lalu cara pengajaran seperti apa yang di idam-idamkan oleh para siswa di sekolah. Sekarang kita cari tahu dulu apa yang mereka keluhkan dari para pengajaran guru di sekolah.

~ bayak siswa yangtidak peduli atau tidak suka pelajaran karena guru pengajar yang tidak menyenangkan. Karena sbagian besar cara pegajaran mereka kurang menyengan bahkan sama sekali tidak di mata mereka. Sebagian cara mengajar guru terlalu panjang lebar, kadang tidak nyambung dengan yang di sampaikan guru dari awal dan tema pelajaran . Ada juga yang dlam pembawaan pelajaran baik dari siswa maupun gelagat guru tidak menyenangkan, kadang tambah membuat para siswa terasa di dongengi sehingga ada ilusi yang membuat mereka ngantuk, blag dan sama sekali tadak bisa menyerap pelajaran dengan baik bahkan sedikitpun tidak bisa. Tapi siswa juga tidak suka cara pengajaran yang terlalu menegangkan atau sepanjang pelajaran selalu tegang, sebab itu akan menimbulkan rasa cemas, takut dan setres. Karena mereka merasa terbebani dan terpaku untuk slalu serius.

~Pengajaran guru yang menggunakan kekerasan. Kekeasan bukanlah suatu tindakan yang tepat untuk di gunakan dalam sebuah pengajaran. Karena hal ini sangat berdampak buruk bagi siswa. selain mental yang terganggu juga akan terbayang-bayang rasa takut yang dapat mengganggu jiwa dan pikiran dan proses penerimaan pelajaran. 

lalu pengajaran seperti apa yang kita inginkan dan sekaligus bisa menjadi saran dan sumber inspirasi bagi para guru. Pengajaran tidak santai dan tidak menegangkan. kadang santai, serius, tegang boleh-boleh saja. tapi ada sedikit lelucon atau hiburan di saat pelajaran untuk mengatasi kejenuhan baik dalam para siswa maupun guru. Saat serius, tegang juga di butuhkan agar para siswa tidak terlalusantai dan dapat di ajak serius. tapi di antara keduanya juga harus seimbang. 

Pengajaran di luar kelas juga suatu cara penyampaian pelajaran yang menyenangkan. contohnya langsung terjun ke lapangan untuk langsung melihatnya langsung dalam kehidupan sehari-hari. Selain bisa mengobati rasa stres dan jenuh karna selalu terpaku pada kondisi kelas, ini juga cara yang efektif untuk menghibur, mengobati dalam penyampaian pelajaran. 

Praktek, debat juga cara pembelajaran yang menyenangkan. Termasuk kerja kelompok atau dalam sebuah kelas di bentuk kelompok belajar. Selain mendidik, untuk saling bekerja sama, menghargai pendapat. Terbaru, dan jarang ada perubahan dalam suatu mengajaran yang seperti ini, dan yang paling penting dalam pengajaran seorang guru adalah semangat, bisa mengambil hati anak didiknya, menguasi anak dan penyampaian yang menyenangkan. Gaya bahasa yang enak, termasuk nada bicara yang menyenangkan. Sehingga dalam diri siswa tidak timbul rasa ngantuk, jenuh karna kebanyakan rasa ini yang di rasakan oleh para siswa. 

Banyak hal yang di sayangkan oleh para guru tentang tugas yang di berikan banyak di abaikan oleh para siswa . Kami punya cara yang efektif dan sekaligus menjadi tips bagi para guru. 


MAU TAU......................................???


~ Pertama, paling tidak seorang pelajar punya agenda kegiatan, tugas-tugas dan PR. Agenda ini berfungsi untuk menginggatkan para siswa tentang kewajiban yang harus di laksanakan dan di pertanggung jawabkan, setiap tugas dan PR yang tercatat dalam agenda tersebut. 

~Setelah itu, agenda ini akan di tanda tangani oleh guru apabila seorang siswa sudah melaksanakan .

~ Tugas yang akan di kerjakan dalam agenda akan mendapat nilai ataupun keterangan yang kemudian harus di tanda tangani dan di tanggapi oleh orang tua.

~ Jika seorang siswa tidak menjalankan atau melakukan kecurangan, maka akan ada konsekuensi yang akan di terima sesuai dengan kesepakatan. 
Mungkin denagan adanya ini para siswa akan lebih di siplin dan belajar bertanggung jawab atau sesuau yang telah ia terima. Adakah cara lain yang dapat di gunakan untuk melatih tanggung jawab dan kejujuran seorang siswa di sekolah sekaligus sebagai bentuk pengajaran moral kepada para siswa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar